Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Monday, December 18, 2017

Agar Menarik, Ini dia Tips Memotret Makanan Ala Food Blogger.

food blogger indonesia instagram
Ilustrasi Foto food blogger (Image : pixabay)

Food Blogger - Semakin hari semakin aneh saja gaya hidup orang. dari mulai berselfie ria sampai memotret makanan. Memotret makanan untuk diposting ke medsos menjadi salah satu kegemaran anak zaman now. Nah, supaya hasil menarik, tips ini mungkin patut dicoba.

Apalagi bagi pengguna yang ingin coba-coba jadi food blogger. Mulai dari menentukan tema, penataan posisi makanan, hingga pencahyaan yang pas jadi beberapa faktor penting demi hasil jepretan ciamik. Berikut tips memotret makanan ala food blogger.


1. Tentukan tema dari food blog kamu


Wajib bagi para food blogger untuk mengetahui makanan apa yang sebenarnya mau kamu ulas. Lebih baik lagi, jika kamu sudah memiliki kriteria makanan yang spesifik, misalnya khusus jajanan pasar, makanan modern, makanan tradisional dan lain sebagainya.

Tujuannya, agar si pembaca tahu segmen makanan yang kamu coba suguhkan. Hal ini juga membuat setiap posting kamu fokus dan tepat sasaran. Baca juga tips food fotografi.


2. Penataan makanan


Setelah kamu sudah tahu mau mengulas makanan apa, hal penting yang harus kamu lakukan adalah lakukan penataan makanan. Yup, styling adalah harus. Ada berbagai metode styling yang sebenarnya cukup mudah dilakukan.

Manfaatkan beberapa aksesoris agar foto makanan kamu dapat terlihat lebih menarik, berpikirlah sekreatif mungkin.


3. Sudut pandang dan pencahayaan


Kamu juga harus belajar bagaimana untuk mengambil sudut pandang dan pencahayaan yang baik untuk mengambil gambar. Sudut pandang yang baik dan benar mampu menghasilkan foto makanan yang indah.

Jika misalnya tempat makan kamu agak gelap, cobalah menyiasatinya dengan memilih lokasi dekat jendela misalnya. Efek yang diberikan sorotan dari jendela bisa memberikan kesan menggiurkan pada makanan.


4. Kamera untuk food photography


Untuk menjadi food blogger, kamu tak harus memiliki kamera DSLR yang mahal untuk dapat menghasilkan foto yang bagus.

Memang, kamera DSLR memang jauh lebih unggul daripada kamera handphone. Tetapi, bukan berarti smartphone tidak mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik. Sebagai contoh, kamera ponsel seperti yang ada di Samsung S8 & S8+ yang dapat memotret makanan dengan hasil yang lebih baik.

Samsung S8 & S8+ memiliki segudang fitur kamera dan juga dilengkapi dengan lensa bukaan f 1,7 aperture untuk setiap gambar yang fokus dan tajam. Beberapa jenis filter untuk selfie juga bisa dipilih untuk mempermanis hasil akhir foto selfie yang sudah diambil.

Ditambah lagi, kamera depan yang bisa mengambil wide angle selfie mode. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar grup selfie tanpa ada yang terpotong atau hanya tercapture separuh wajah. Tak perlu khawatir hasil foto buram, karena galaxy S8 dan S8+ sudah dilengkapi Kamera HP Terbaik yang mendukung auto focus. Baca juga Tips Food Fotografi.

No comments: