Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Thursday, September 17, 2015

Tips dan Trik Memotret Teks Agar Detail dan Tajam

Ilustrasi  Teks Agar Detail

Tips Fotografi - Lensa apa yang ideal untuk memotret teks hitam di kertas putih, sehingga hasil jepretan menjadi detail dan tajam? Pasti kalian semua bertanya-tanya akan hal ini. Apakah ada setelan untuk kamera yang digunakan? 

Berikut ini saya akan memaparkannya.

Tips Memotret Teks Agar Tajam dan Detail

Sebenarnya tidak perlu lensa khusus untuk hal seperti ini, lensa yang dipaket dengan kamera seperti 18-55mm, 35mm atau 50mm sudah cukup baik, asal setelannya oke.

Pertama, untuk kualitas terbaik ISO diset ke 100, lalu bukaan lensa diset ke f/8. Biasanya dengan f/8, ketajaman foto bisa mencakupi dari ujung ke ujung. Kemudian tempatkan kamera ke tripod, supaya saat memotret, getaran tangan tidak membuat foto menjadi blur.

Jangan lupa juga perhatikan pencahayaan. Pencahayaan yang bagus adalah yang menyinari permukaan kertas secara merata. Jika memungkinkan gunakan jendela yang besar dengan matahari sebagai sumber cahaya atau flash yang kepalanya dipantulkan ke langit-langit jika memotret di dalam ruangan. Baca juga Teknik cahaya dalam fotografi

Di dalam kamera, biasanya juga ada fungsi seperti picture style (Canon), picture control (Nikon), atau creative style (Sony), di preset tersebut, bisa diatur tingkat ketajaman (sharpness) dan kontras (contrast) sesuai selera/keinginan. itulah tadi Tips Memotret Teks Tulisan Agar Tajam.


Sumber : Enche Tjin.

No comments: