Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Tuesday, August 26, 2014

Teknik cahaya dalam fotografi

teknik lighting fotografi
Ilustrasi

Tips Fotografi Pencahayaan merupakan unsur dasar dari teknik fotografi. Tanpa pencahayaan yang optimal, suatu foto tidak dapat menjadi sebuah karya yang baik. Pengetahuan tentang pencahayaan mutlak harus dikuasai oleh seorang fotografer. Cara mempelajari penguasaan pencahayaan adalah dengan melatih mata untuk lebih peka terhadap cahaya yang muncul. Pada dasarnya yang paling penting diperhatikan saat mengunakan lighting/pencahayan untuk subjek foto yaitu kualitas dan arah cahaya.

Yang dimaksudkan dengan kualitas cahaya adalah apakah lembut atau keras (soft & hard). Cahaya yang lembut bayangannya bergradasi dan agak tersamar, sedangkan yang keras transisi antara bagian yang terang dan gelap akan pendek/tidak ada. Tekstur subjek dan warna akan lebih menonjol dengan mengunakan cahaya keras.

Arah cahaya menentukan bentuk dari subjek. Kalau dari arah depan, bentuk subjek terlihat flat/datar/dua dimensi, jika dari sisi samping, subjek akan terlihat lebih tiga dimensi. Arah cahaya dari atas memberikan kesan alami seperti cahaya matahari, sedangkan cahaya dari bawah akan memberikan kesan misterius/horror.

Tidak ada salah benar dalam teknik lighting, yang penting adalah apakah lighting yang digunakan cocok untuk subjek yang difoto dan ide yang ingin disampaikan.


Silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan

No comments: