Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Wednesday, August 06, 2014

Pengertian Trim dalam CorelDraw

Apa kabarnya sobat...? 
pada kesempatan ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang tutorial corel draw Trim,yang pada tutorial sebelumnya tentang Pengertian Trim dalam CorelDraw saya telah menyisipkan sekilas tentang Trim itu sendiri.namun sayang,fungsi ini sangat jarang dipergunakan orang,padahal Trim itu sendiri mempunyai fungsi yang sangat berguna dalam mengefisiensi kerja CorelDraw.dalam pembahasan ini saya akan mengupas lebih dalam tentang Trim.

Trim adalah pemotongan gambar dengan cara menimpakan objek pada gambar tersebut. dan fungsinya adalah untuk pengolah objek.di bawah ini saya akan memberikan contoh cara memotong objek dengan perintah Trim.

Anggap saja di dalam kanvas kerja kita terdapat dua objek yaitu lingkaran putih dan sebuah huruf "B". Kita akan memotong bagian-bagian tertentu dari huruf "B" menggunakan objek lingkaran sebagai alat potongnya.


 


Geser objek lingkaran ke area huruf "B" yang akan dipotong menggunakanPick Tool.


 


Pastikan objek lingkaran masih dalam keadaan terpilih. Tekan Shift dan kemudian klik huruf "B".


 


Klik perintah Trim yang ada di Property Bar.
 


Klik Pick Tool di luar area kedua objek untuk melepaskan pilihan. Setelah itu klik objek lingkaran sekali lagi dan tekan Delete untuk menghapusnya. Hasilnya terlihat seperti gambar di bawah ini.


 


Dengan cara yang sama, bentuklah huruf "B" sesuai kreasi yang diinginkan. Potonglah huruf "B" dengan ukuran objek lingkaran yang berbeda-beda. Dengan menambahkan warna, objek yang tercipta tentu akan terlihat indah dan menarik.






selamat mencoba...!!!
Silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan

No comments: