Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Thursday, September 11, 2014

menciptakan bokeh dengan bentuk menarik

Tips fotografi - Bokeh dalam bahasa Jepang bearti blur. Tapi bagaimana sebuah foto blur bisa disebut kreatif dan menawan, berikut ini tips sederhana dari saya untuk menciptakan bokeh dengan bentuk menarik.

Ada beberapa hal menyenangkan yang bisa kita buat dengan lensa ini. Salah satunya adalah menciptakan bokeh dengan bentuk menarik. Dalam artikel ini kita akan mencoba proyek sederhana, membuat bokeh dengan bentuk hati.

Untuk membuat bokeh berbentuk ini, kita bisa menggunakan lensa apapun asal memiliki aperture maksimal yang besar. Salah satu lensa paling ideal adalah lensa 50mm f/1.8 yang bisa menciptakan bokeh dengan bentuk menarik namun harganya sangat terjangkau.

Item yang anda butuhkan :

Sebuah lensa dengan aperture maksimal besar, idealnya f/2.8 atau f lebih kecil. Seperti sudah ditulis diatas, lensa seperti 50mm f/1.8 adalah kandidat ideal
Sebuah kertas hitam
Selotip atau lakban hitam
Gunting



Membentuk Bokeh Dengan Bentuk Hati

Langkah yang diperlukan untuk menciptakan bokeh dengan bentuk menarik cukup mudah, intinya adalah kita harus menutup seluruh permukaan lensa dengan kertas hitam. Sebelumnya, potong kertas hitam dengan bentuk lingkaran dengan diameter yang sama dengan diameter lensa, buat bentuk hati ditengah lingkaran ini. Potong kertas kedua dengan bentuk persegi panjang yang akan dipakai mengelilingi lensa disamping. Sehingga bentuk akhir saat dipasang di lensa adalah seperti ini

foto bokeh
Bokeh bentuk hati

Sekarang saatnya menggunakan lensa yang sudah dipasangi bentuk menarik ini, set kamera diposisi aperture priority, lalu gunakan lensa di bukaan maksimalnya, f/1.8 atau f/2. Contoh bentuk bokeh yang bisa dibuat dengan cara diatas (lihat foto menciptakan  bokeh dengan bentuk menarik sebagai bahan inspirasi anda), misal seperti ini:

bokeh
Foto bokeh


Foto bokeh dengan bentuk menarik
Foto bokeh
Perhatikan cara-caranya agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pemotretan

No comments: