Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Monday, September 22, 2014

Teknik fotografi landscape super simpel

Teknik fotografi landscape
Photo Landscape

Tips fotografi landscape - Ilmu tentang fotografi landscape memang sangat kompleks sehingga memerlukan banyak waktu untuk mempelajarinya, baik mempelajari dengan cara membaca/melihat berbagai literatur maupun banyak praktek untuk mempertajam intuisi. Menguasai beberapa teknik dasar fotografi tentunya tidaklah sulit, namun sangat powerful menghasilkan gambar yang menarik. inilah beberapa tips dan teknik dalam fotografi landscape tersebut adalah sebagai berikut :


Tips Mendapatkan photo landscape yang berkualitas


Gunakan Garis Pemandu mata untuk menuju subjek utama

Komposisi landscape akan tampil sangat kuat jika kita menggunakan elemen untuk memandu mata menuju subjek. Teknik ini disebut dengan leading lines (dalam bahasa inggris). Garis-garis kuat yang memandu mata kita kepada gambar satu objek yang mampu menghasilkan suatu gambar yang sangat indah.

Berikan ruang lebih pada daerah yang menarik

kadangkala saat pagi hari atau sore hari langit tampak biru dan cerah. Disaat-saat tersebut, sangat baik untuk memberikan porsi lebih kepada langit dibanding daratan, atau dalam banyak kasus kita mendapatkan gambar gunung dan daratan yang sangat indah dibandingkan dengan kondisi langit yang berawan, nah saat itulah kita memberikan porsi lebih kepada daratan.

Memasukkan 3 unsur

3 unsur yang harus ada dalam fotografi landscape adalah Latar Depan/Foreground, Bidang tengah, dan latar belakang/background. Misalnya, ketika kita menemukan pemandangan gunung yang menarik, jangan hanya mengabadikan gunung dan langit saja (hanya 2 unsur), usahakan unsur ke 3 juga ada, misalkan sawah, gunung dan langit atau jalan, gunung dan langit atau danau, gunung dan langit.

Temukan Foreground Yang Indah

Tips ini menyambung tips diatas, yakni menekankan betapa pentingnya foreground yang indah, selain juga subjek dan background yang indah. Foreground akan sangat berperan menambah kedalaman suatu gambar.

Gunakan pola yang berulang 

Pandangan manusia secara alami akan tertarik pada pola berulang yang indah. Pengulangan pola dapat menarik minat, menciptakan harmoni, menimbulkan kesan rapi dan memperkuat komposisi landscape. Hal ini sangat sederhana namun luar biasa.

Framing 

Framing adalah salah satu cara efektif untuk menarik perhatian dan menonjolkan fokus utama dalam suatu gambar. Banyak sekali elemen yang bisa kita jadikan frame diantaranya adalah pepohonan, cabang-cabang pohon, jendela, dan lain-lain yang biasanya memiliki bentuk vertikal. Selain beberapa hal tersebut framing juga bisa dilakukan menggunakan pencahayaan, yakni menerangi fokus dan menggelapkan background.

Masukkan energi kedalam gambar

Berusahalah untuk menampilkan energi dengan cara menggunakan garis blur berupa berbentuk vertical, horizontal atau diagonal. Memotret air terjur dengan blur  yang lembut  akan membuat komposisi tampak menarik. Kita juga bisa menampilkan bentuk energi berlupa motion blur awan pada gambar photo landscape

Semoga Teknik fotografi landscape ini dapat membantu temen-temen yang masih dalam tahap belajar.
Silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan

No comments: