Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Saturday, August 23, 2014

Teknik street photography

Teknik street photography
Foto : digitalphotographyschool.com

Teknik street photography - Salam Jepret... sebelumnya saya sudah memperkenalkan Street photography kepada temen-temen, namun saya lupa memberi penjelasan tentang tekniknya. Bukan maksud untuk mengecewakan temen-temen, namun hanya saja lebih kepada pembelajaran satu persatu, kalau semua saya bahas pasti temen-temen bingung :)

Di sini saya akan memberikan beberapa teknik street photography yang akan benar-benar bermanfaat bagi yang ingin mengembangkan keterampilan dalam street photography.

Teknik street photography


  • Mengetahui Peralatan Anda
Apapun kamera yang Anda gunakan, Anda harus tahu peralatan Anda secara menyeluruh. Anda perlu memiliki peta setting kamera Anda. Anda harus dapat menyesuaikan pengaturan kamera tanpa mengalihkan mata Anda dari view finder. Satu-satunya cara untuk menguasai ini adalah dengan berlatih.
Periksa daftar lokal Anda. 


Street photography bukan hanya tentang motret di jalanan. Apa pun yang Anda potret di tempat umum berada di bawah Street Fotografi. Periksa setiap hari koran lokal Anda untuk lihat jadwal event atau apapun yang akan digelar di sekitar kota Anda. Pilih topik atau acara yang menarik dan pergi ke sana. Keuntungan dari daftar yaitu akan menjadikan foto-foto yang Anda potret selalu menarik.

  • Terus Bergerak
Ketika kita memotret di jalan-jalan, subjek tidak akan muncul di depan kamera. Kita perlu mencari aksi atau subyek yang menarik, jika Anda duduk di satu tempat kemungkinan sangat kurang. Terus berjalan di jalan yang Anda pilih untuk memotret. 

  • Selalu Siap
Jangan bersantai. Selalu siap dengan kamera untuk memotret. Orang-orang akan selalu bergerak di sekitar Anda. Jika Anda melewatkan aksi, itu tidak akan datang lagi. Jadi siap untuk mengambil foto. 


  • Mendekatlah
Jika foto Anda tidak cukup baik, mendekatlah dan dapatkan foto dengan detail.

  • Bersikap Hormat
Bersikap sopan dan hormat dengan orang-orang di jalan-jalan. Jika seseorang tidak ingin kita ambil fotonya, kita harus meninggalkannya. Jangan berdebat dengan mereka. Jika beberapa orang ingin melihat foto-foto mereka di kamera, perlihatkanlah pada mereka agar mereka merasa senang.

  • Perhatikan Backgrounds
Apa yang terjadi di balik subjek Anda adalah benar-benar penting. Sebagian besar latar belakang akan menambah daya tarik tersendiri untuk foto Anda, tapi kadang-kadang latar belakang akan mengalihkan perhatian. Pilih latar belakang dengan bijaksana.

  • Gunakan Natural Light
Cahaya ini sangat penting bagi semua genre fotografi. Gunakan cahaya alami sebanyak mungkin - pagi dan sore adalah waktu terbaik untuk memotret.

  • Jangan sering memotret, tapi seringlah berpikir
Mentang-mentang dengan kamera digital bahwa semua orang bisa memotret beberapa frame tanpa repot-repot berpikir atau mengkomposisi. Sebelum Anda memotret, mempelajari tempat dan orang-orang yang Anda ingin foto. Misalnya jatuhnya cahaya, aksi orang, framing dll. Kualitas sangat penting daripada kuantitas.

  • Komposisi
Sangat susah untuk mendapatkan komposisi terbaik karena foto yang didapatkan tidak bisa diulang, padahal komposisi adalah salah satu unsur foto yang terpenting. Satu-satunya cara adalah memperbaikinya melalui software dengan teknik cropping (membuang yang tidak perlu), atau biarkan saja apa adanya, kadang ini justru menjadi kekuatan foto street, alami. Ingat dalam teknik komposisi ada yang dinamakan breaking the rule atau langgar aturan yang ada. Namanya arts atau seni sah-sah saja karena ilmu fotografi bukan ilmu eksak, iya kan dan disitu letak kreativitas tanpa batas.

Silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan

No comments: