Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Thursday, August 21, 2014

Tips Memotret Ray of Light

tips meotret
Foto : widjita.deviantart.com

Ray of Light adalah Salah satu subyek foto yang menarik perhatian. Bias sinar mataharinya yang menyinari bumi berkesan dreamy dan magical.

Sebenarnya cukup mudah memotret ray of light, hanya saja kita perlu mengamati cahaya dengan baik, berada di posisi dan setting kamera yang tepat. Beberapa tips memotret ray of light (ROL) berikut mungkin bisa dicoba:

1. Pagi hari di dataran tinggi

Di pagi hari sesaat setelah matahari terbit, dan di dataran tinggi, biasanya banyak kabut yang cukup rendah, saat matahari bersinar menembus kabut, saat itulah kita dapat melihat bias sinar dengan cukup jelas.

2. Memotret di belakang pohon/dedaunan

Pohon dan dedaunan dapat membagi bias sinar matahari sehingga garis-garis sinarnya terlihat semakin jelas.

3. Cari latar belakang yang gelap

Latar belakang seperti dinding tebing, ruangan yang gelap, atau pepohonan yang rimbun akan membuat ray of light semakin jelas karena perbedaan gelap terang yang kontras.

foto sinar matahari
Detik.net


5. Setting exposure kamera

Cahaya matahari yang terlalu terang bisa mengecoh perhitungan cahaya kamera (metering). Kamera mengganggap cahayanya terlalu terang, sehingga memilih setting untuk membatasi cahaya, hasil gambar bisa jadi agak gelap.

Maka dari itu, seringkali kita harus mengatur ISO, shutter speed dan ISO secara manual untuk mendapatkan terang gelap yang diinginkan. Untuk bukaan, saran saya mengunakan bukaan yang relatif kecil seperti f/8-f/16 untuk membatasi cahaya dan meningkatkan ketajaman. Baca juga Memahami Konsep ISO.



Silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan

No comments: