Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Tuesday, August 19, 2014

Mengenal Kamera Lubang jarum

Mengenal Kamera Lubang jarum
Contoh Kamera lubang jarum

Kamera Lubang jarum - Tahukah kamu? bahwa kamera yang pertama di dunia dulu dapat bekerja baik tanpa lensa. pasti bingung kan? hehehe... kamera tanpa lensa ini belum juga punah, karena masih sering dipakai hingga saat ini, kita biasa menyebutnya dengan kamera lubang jarum membayangkan kamera tanpa lensa? cukup unik.... Mari kita simak penjelasan tentang kamera lubang jarum berikut ini.

Pengertian Kamera lubang jarum


Kamera lubang jarum adalah
metode perekaman dasar dalam ilmu fotografi dimana Kamera yang bekerja berdasarkan teori optis, cahaya yang lolos melalui lubang kecil, kemudian diproyeksikan pada bidang datar, terbalik. Dalam tata cara perekaman gambar ini, sama dengan teknik dalam fotografi digital, namun sensor cahaya perekam gambar pada kamera digital, dilubang jarum menggunakan kertas foto ukuran 9 X 14 cm peka cahaya. 

Gambar akan permanen pada kertas foto karena cahaya dari luar kemudian diloloskan melalui lubang kecil. Cahaya yang diproyeksikan tersebut direkam kertas foto; kertas foto yang terkena cahaya akan menjadi hitam dan sebaliknya, yang tidak terkena cahaya tetap putih. Proses ini disebut “ekspos” dan setelah kertas foto tersebut di proses di kamar gelap, disebut negatif foto. 

Terus Apa manfaat kamera lubang jarum? Banyak sekali, diantaranya pengetahuan tentang teori fisika dasar optis, dasar-dasar fotografi, kreatifitas membuat kamera, proses imajinatif dan tantangan apresiasi seni fotografi.

Untuk pembahasan selanjutnya bagaimana cara membuat kamera lubang jarumKlik disini

Silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan

No comments: