Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Saturday, August 16, 2014

Mengenal Kit Lens

Kit lens adalah lensa zoom yang dipadukan dengan kamera yang bisa ganti-ganti lensa seperti kamera DSLR/mirrorless. Kit lens biasanya cukup serbaguna untuk berbagai kondisi karena mencakup daerah yang cukup lebar dan cukup tele. Biasanya, lensa yang dipaketkan 18-55mm, atau ada juga yang lebih panjang dan lebar. 

Lensa kit bukan lensa yang spesialis, artinya dari kualitas dan focal length-nya bukan yang terbaik, tapi cukup baik untuk belajar fotografi terutama untuk pemula. Setelah memahami dasar fotografi dan ingin lebih berkonsentrasi ke jenis fotografi tertentu, dibutuhkan lensa yang lebih khusus.

Semakin canggih kameranya, biasanya lensa kit yang dipasangkan juga kualitasnya lebih bagus. Contohnya Canon 5D yang sensornya full frame biasanya dipaketkan dengan lensa kit Canon 24-105mm f/4 IS L, Olympus OMD EM1 dipasangkan dengan lensa pro 12-40mm f/2.8. Jadi banyak juga lensa kit yang kualitasnya bagus.

Fotografer yang sudah berpengalaman biasanya tidak membeli kamera dengan paket kit lens karena sudah memiliki lensa-lensa lain ataupun sudah mengetahui lensa yang lebih cocok untuk jenis fotografi yang digeluti. Untuk pemula, membeli dengan paket kit lens karena selain lebih ekonomis, biasanya lensa kit cukup serbaguna untuk pemakaian di berbagai jenis fotografi.


Silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan


No comments: