Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Saturday, August 16, 2014

Mobile Fotografi

mobile fotografi
Mobile Fotografi

Mobile Fotografi - Kali ini saya akan menulis artikel masih seputaran mobile fotografi, Pada zaman sekarang ini Ponsel tak lagi jadi sebatas perangkat untuk menelpon, SMS dan internetan. Alat telekomunikasi ini sekarang dapat diandalkan untuk urusan fotografi.

Hanya saja, banyak dari pengguna yang masih 'asal jepret' saat menggunakan kamera di ponselnya. Padahal kamera di ponselnya terbilang canggih.
Karena ketidaktauan mereka,berbagai fitur dan setting di kamera ponselnya terabaikan. Jadi hasil dari penggunaan tersebut menghasilkan gambar yang seadanya saat menjepret.

Nah, pertanyan yang timbul dalam benak kita adalah bagaimana caranya pengguna dapat mengoptimalkan pada 'kamera ponsel' tersebut? Berikut penjelasanya.

Cara Menggunakan Mobile Fotografi

1.High Dynamic Range

(HDR besar smartphone saat ini telah memiliki opsi atau fitur HDR. Ketika menggunakan fitur HDR, kamera kalian sebenarnya telah mengambil tiga foto dengan tiga exposure yang berbeda, yaitu rendah, standard, dan tinggi. Lalu program di ponsel kalian akan menyatukan tiga foto tersebut dan menghasilkan gambar yang lebih tajam.


2.Gunakan HDR ketika :

Mengambil gambar landscape. Teman-teman akan mendapatkan warna langit, gedung, atau hamparan rumput yang lebih kaya, dengan kualitas gambar yang lebih tajam. Kondisi backlight. Ketika kita harus mengambil sebuah momen penting, tetapi sinar matahari di bagian belakang objek bersinar terlalu terang.


3.Remote Shutter

Di semua ponsel cerdas, tombol shutter fisik telah digantikan oleh tombol digital. Tetapi kalian sadari atau tidak, tombol digital tersebut sebenarnya bisa digantikan oleh tombol fisik. Smartphone iOS dan Android biasanya bisa mengambil gambar dengan menekan tombol volume. Tetapi untuk Samsung Galaxy S4 dan LG G Flex, kalian hanya perlu berucap “Chesse” untuk mengambil gambar, tanpa harus menekan tombol apa pun.


4.Burst Mode

Menentukan momen yang tepat, tentunya menjadi satu hal yang cukup sulit dalam pengambilan gambar. Tetapi hal ini bisa diakali dengan memanfaatkan fitur burst mode. Fitur ini sendiri sudah tersedia di setiap ponsel cerdas yang beredar di pasaran saat ini.

Setiap ponsel pun memiliki fungsi yang berbeda :
Misalkan di iPhone, kalian tinggal men-tap dan menahan tombol shutter selama yang kalian butuhkan. Maka semua foto tersebut akan tersimpan dalam satu thumbnail. Di Android (tergantung model), kalian harus masuk ke opsi mode dan pilih Burst Mode di menu tersebut. Selanjutnya kalian tinggal melakukan cara yang sama seperti di atas dan ponsel pun akan mengambil 20 gambar secara langsung.


5.Mengunci fokus dan exposure

Memotret objek yang bergerak adalah salah satu tantangan terberat dalam pengambilan gambar menggunakan smartphone. Pasalnya fokus dari ponsel ini akan berubah, seiring dengan objek yang bergerak. Tetapi ada satu cara yang bisa memaksa kamera ponsel kita untuk tetap fokus dan exposure tetap terjaga. Caranya tinggal men-tap layar dan menahannya di satu objek saja. Setelah itu, fokus dan exposure tidak akan berubah, meski objek bergerak.

Silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan

No comments: