Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Saturday, August 02, 2014

Tutorial Corel Draw Garis dan Outline

Ilmu Grafis Corel Draw kali ini membahas tutorial Corel Draw garis dan outline mulai merubah ukuran besar kecil, warna, bentuk garis pada CorelDraw X5 Corel 15 . Meskipun demikian juga bisa digunakan pada Corel Draw X4, X3 dan dibawahnya sampai Corel Draw 9. Menggunakan garis atau lebih dikenal dengan sebutan outline dalam CorelDraw adalah potensial. Shape dan objek seringkali menggunakan garis sebagai pembentuknya, lantas apa sja yang bisa dilakukan saat kita memakai gari pada Corel Draw? Ikuti tutorial ini secara bertahap.
Sebelumnya Anda wajib untuk mengetahui apa saja yang ada pada lembar kerja CorelDraw DISINI. Hal ini digunakan sebagai referensi dan penguat terhadap apa yang akan Anda pelajari selanjutnya ada tutorial ini.Pembuatan

Garis dibuat dengan berbagai cara dan menggunakan tool yang juga bermacam-macam. Ini semua tergantung pada bentuk garis itu sendiri.
Menggunakan Free Hand Tool [ F5 ]
Menggunakan Bezier Tool
Menggunakan Basic Shape Tool
Menggunakan Pen Tool
Menggunakan Polygonal Tool [ F6 ]
Menggunakan Ellipse Tool [ F7 ]
dll (pada umumnya kita menggunakan 6 tool tersebut)
Mengganti Bentuk dan Sifat

Untuk mengganti bentuk garis Anda bisa menggunakan shape tool yang bisa Anda pelajari DISINI dan khusus untuk basic shape tool, polygonal shape tool, ellipse tool dan shape lainnya Anda wajib merubah objeknya menjadi objek kurva (klik kanan > Convert to Curve) untuk mengubah bentuknya menggunakan shape tool. Namun jika Anda akan merubah ukuran objek (bukan ukuran garis) maka Anda bisa mentransformasinya, tutorialnya dapat Anda pelajari DISINI.

NOTES Vector yang biasa anda gambar di coreldraw tuh ada 2 jenis, yaitu :
SHAPE, bentuk dasar ( bulat, kotak, polygon, Text, dsb ) yang hanya bisa diatur pada Align, Transformasi, Shaping, dan Order nya dan tidak bisa lagi di MODIFIKASI sesuai keinginan kita.
CURVE ( OPEN & CLOSE ), Shape ( bulat, kotak, polygon, Text, dsb) yang udah di Convert menjadi curves. Curve ini bisa kita modifikasi dengan mengatur shape pointnya sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan kita. Caranya ?? Pilih shape>ctrl+Q!! Kemudian modifikasilah shape tadi dengan menggunakan SHAPE TOOL.!! Oke, lihat contoh dibawah ini :





Mengganti Ukuran Garis

Pada dasarnya untuk mengganti ukuran garis hanya ada satu cara yaitu dengan cara merubah outline width. Bisa Anda lakukan dengan cara memilih objek dengan pick tool kemudian ubah pada outline width yang ada pada property bar.





Namun pada kondisi tertentu Anda juga dapat mengubahnya secara custom dengan shape tool yang sebelumnya garis tersebut di ubah menjadi objek dengan cara klik garis menggunakan pick tool kemudian klik menu Arrange > Convert Outline to Object [CTRL+SHIFT+Q ].
Mengganti Warna Garis

Sebelumnya saya telah membuat tutorial mengganti warna objek dan garis pada Corel Draw, bisa Anda lihat DISINI. Sudah lengkap dan cepat. Garis tidak bisa dibuat menjadiwarna gradient atau gradasi sehingga untuk membuat sebuah garis menjadi warna gradasi perlu ada teknik atau trik khusus. Yaitu dengan cara membuat garis dengan ukuran tertentu kemudian tekan CTRL+SHIFT+Q, barulah bisa dibuat warna gradasi. Namun sejatinya itu bukanlah garis lagi melainkan sebuah objek.
Menggunakan Outline PEN

Outline Pen ada pada CorelDraw sebagai pengolahan property garis secara lebih lengkap dan terkumpul dalam satu grup tool. Menggunakan outline adalah cara paling advance untuk mengolah garis, mulai dari warna, ukuran, style, mode ujung dan lain sebagainya. Makanya saya menyebutnya sebagai all in one. Cara untuk mengaktifkan outline pen pada pengubahan property garis adalah dengan cara menyeleksi garis kemudian klik outline pen pada tool box.





Dialog Box Outline Pen





Penjelasan : 

Color = digunakan untuk mngubah warna garis
Width = digunakan untuk mngubah ukuran garis
Box point = digunakan untuk mengubah satuan ukuran garis
Style = digunakan untuk mengubah style garis, seperti ubah garis putus-putus
Corner = digunakan untuk mengubah jenis ujung garis pada mode sudut
Line Caps = digunakan untuk mngubah ujung garis pada mode lengkung dan lurus
Arrows = digunakan untuk mengubah ujung garis menjadi seperti panah, dengan cara mengubah nilai box dibawahnya. Sesuai letaknya ada ujung awal dan akhir garis.
Options = digunakan untuk pilihan property arrows
Share attributes = digunakan untuk membuat atribut yang bisa digunakan secara bersama-sama pada mode garis arrows lainnya.
Calligraphy
Stretch = digunakan untuk mengubah bentuk ujung pensil pembuat garis
Angle = digunakan untuk mengubah sudut perputaran ujung pensil pembuat garis
Nib Shape = pengubahan bentuk dan sudut perputaran ujung pensil pembuat garis dengan cara klik geser pada gambar hitamnya
Default = digunakan untuk mengembalikan ke pengaturan default
Behind fill = digunakan untuk mengubah letak garis pada saat garis / outline tersebut terisi oleh warna fill. Biasanya warna garis atau ukuran garis akan menjadi terlihat setengah dari ukuran sebenarnya karena akan tertutupi oleh warna fill
Scale with image = digunakan untuk menyesuaikan ukuran garis pada saat objek yang didalamnya ada garisnya di transformasi. Artinya ketika objek dikecilkan atau dibesarkan maka garisnya juga akan mengikuti sebesar ukuran permbesaran transformasi.

Jika Anda memahami penjelasannya, Anda wajib membuat latihan sederhana untuk membuat garis seperti pada gambar berikut. Hal ini untuk memastikan seberapa paham Anda terhadap apa yang dijelaskan sekaligus akan membuat Anda lebih pengalaman mengubah property garis.





Download
File Latihan

sumber : http://www.ahlidesain.com

Silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan

2 comments:

hehe said...

halo

Unknown said...

Mnt pencerahannya gan...ktk membuat garis kok hasilnya tdk terlihat dilayar apa yg salah y??.