Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Monday, September 08, 2014

Teknik High Speed dengan Smartphone

High Speed Photography bertujuan meng-capture gambar-gambar yang biasanya tidak tertangkap oleh mata biasa. Dalam sekedip mata apa saja bisa terjadi dan terlalu cepat untuk kita amati. Dengan menggunakan peralatan dan teknik fotografi yang tepat, momen-momen itu bisa diabadikan menjadi karya seni yang indah. Sedikit berbagi, tidak perlu repot-repot untuk mengunakan kamera yang mahal untuk melakukan teknik High Speed Photography, dengan kamera smartphone pun temen-temen sudah bisa melakukannya untuk mendapatkan gambar yang memukau mata

Berawal dari iseng browsing di internet, saya melihat karya foto yang kreatif, memukau mata dan kagum ketika saya melihat hasilnya, saya sangat tertarik pada satu genre yang dikenal sebagai High Speed Photography (fotografi kecepatan tinggi). Saya ingin sekali berbagi teknik memotret high speed kepada temen-temen semuanya. Memperlihatkan cara memotret momen balon air pecah hanya dengan menggunakan smartphone.


Apps Yang Dipakai

Banyak apps khusus untuk fotografi yang tersedia untuk smartphone, dan apps yang saya sarankan untuk memotret High Speed adalah Fast Burst Camera "silahkan unggah di Play Store". Keistimewaan Fast Burst Camera adalah bahwa dengan apps ini, kita bisa memotret sampai dengan 30 frame per detik, hanya dengan menggunakan smartphone Android kita.


Persiapan Pemotretan

Persiapan yang dilakukan hanyalah menyiapkan beberapa balon dan mengisi balon tersebut dengan air, satu balon sebenarnya cukup namun beberapa balon lebih baik untuk berjaga-jaga andai momen pada balon pertama tidak berhasil kita potret. Dalam mengerjakan ini dianjurkan untuk mengajak teman untuk memegang dan memecahkan balon. Pilihlah lokasi yang terbuka seperti sawah, agar tumpahan air tidak mengganggu lingkungan rumah dan semuanya waktunya dilakukan pada siang hari agar mendapatkan pencahayaan yang cukup.

lihat hasilnya di bawah ini :

High Speed photography
Foto 1

Fast Burst Camera
Foto 2

Perhatikan cara-caranya agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pemotretan

No comments: