Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Monday, September 29, 2014

tips dan trik foto portrait saat travelling

Foto portrait
Foto portrait (Image by Lazar)

Tips dan trik foto portrait saat travelling - Banyak fotografer mengaku kesulitan saat hendak mengambil tips foto portrait saat travelling. Biasanya terkendala bahasa setempat yang sulit dimengerti. Kemudian, jepretan yang dihasilkan sebatas foto snapshot sederhana tanpa cerita yang bermakna dan kurang kreatif.

Menurut dari para fotografer, kelemahan tersebut dapat dihindari. Yakni jika sang fotografer pede alias percaya diri untuk berinteraksi dengan subjek.

Mengembangkan pendekatan dan teknik foto portrait selama bertahun-tahun untuk membangun rasa percaya diri fotografer sebagai fotografer portrait. Syarat ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari paada biasanya.


Tips mengambil foto portrait 


Dalam tips untuk foto portrait
Cobalah untuk tidak menunjukan peralatan fotografi ketika sedang menjelajahi tempat baru. Cukup dengan membawa tas selempang dan sebuah kamera dengan lensa 24-85mm. Tujuannya supaya tidak ada jarak atau membuat prasangka pada awal-awal pertemuan. 

Yang harus dilakukan, cukup dengan membutuhkan kesabaran untuk membangun hubungan dengan masyarakat seekitar. Mungkin butuh beberapa waktu hingga memungkinkan untuk membuat foto portrait dengan hasil yang terbaik.

Dari pendekatan itu, Kita mampu membuat hubungan yang lebih dekat. Tidak sebatas hubungan fotografer dan subjek foto, melainkan seperti keluarga sendiri. ini sangat baik untuk teknik portrait kita.

Foto portrait (Image by Lazar)

Pergunakanlah waktu untuk membangun interaksi yang santai, suasana informal dan menangkap hubungan personal. Belajar sepatah dua kata bahasa lokal juga dapat mencairkan suasana. Tetapi, bila tidak menguasai bahasa lokal, maka ekpresi wajah dan perilaku menjadi lebih penting. Tersenyumlah dan tunjukan minat kepada orang-orang yang kamu temui.

Setelah pendekatan selesai dilakukan, sekarang waktunya untuk mencari subjek foto yang mempunyai karakter wajah sangat kuat. Sebab, foto-foto portrait/human interest yang baik biasanya mampu merekam wajah dengan karakternya yang menarik dan unik.

Jika kamu bertemu seseorang dengan wajah yang menurut kamu akan kuat, cobalah untuk membayangkan bagaimana memotretnya. Kemudian libatkanlah dalam lingkungan mereka. Kemudian bertanya apakah boleh memotret. Jika kamu tersenyum, sopan dan rendah hati, kebanyakan mereka akan mau untuk di potret.

Itulah beberapa tips mengambil foto portrait saat travelling. Semoga dengan artikel ini dapat membantu anda dalam mengembangkan teknik fotografi.
Silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan