Digital Art

Belajar Fotografi dan Seni desain

Tuesday, August 12, 2014

ponsel dengan kamera bagus


Tidak perlu menggunakan kamera digital/ LSR yang canggih jika ingin memotret, cukup dengan menggunakan ponsel yang anda punya, hasil jepretan kamera ponsel pun sudah bisa dinikmati. Dengan kecangihan kamera ponsel saat ini sudah menjadi alat yang sangat efesien ketika digunakan untuk memotret. sayangnya tidak semua orang paham dengan cara menggunakan kamera ponsel nya, sehingga hasil jepretan dari kamera ponselnya terlihat kurang bagus.

Buat kamu yang mau tau caranya apa sih tips & tricknya memotret gambar dari kamera ponsel yang memiliki unsur fotografi paling hebat. beberapa tips dibawah ini yang akan memadukan trick fotografi dengan ponsel.


1. Pastikan cahaya sekitar terang


Untuk hasil yang maksimal pastikan kita mengetahui sisi keterangan objek yang akan kita ambil. Untuk hasil Foto outdor terlihat lebih terang dan jernih jika dibandingkan dengan indor. Jarak efektif flash camera ponsel adalah sekitar 2-3 meter. Jadi jangan berharap kita menerangi seisi ruangan dengan flash ya.

2. Hindari penggunaan zoom


Biasanya jika kita meggunakan zoom pada kamera ponsel hasilnya akan terlihat kurang bagus,atau bahkan blur. Jadi usahakan untuk memotret dari jarak yang cukup / tidak kejauhan, sehingga keseluruhan objek bisa memenuhi frame.

3. Pegang handphone dengan stabil (Stabil Shoot)


Usahakan tangan kita tenang / tidak bergerak saat mengambil foto dengan menggunakan handphone. Semakin stabil kamera, semakin bagus hasilnya. Anda juga bisa memanfatkan benda lain sebagai sandaran untuk kestabilan jarak anda seprti bersandar di pohon atau juga tembok.

4. Pilih resolusi


Sebaiknya anda bisa menggunakan resolusi tinggi jika kamera memberikan pilihan resolusi. Dengan memilih resolusi tinggi berati memiliki detail yang lebih banyak dan kita juga bisa mencetak foto lebih besar lagi.

5. Perhatikan komposisi


Kita juga harus memiliki pengetahuan yang bagus terhadap komposisi dalam suatu fotografi, hal tersebut akan jauh membantu kita memotret lebih baik lagi.

6. Ambil gambar dari sudut berbeda


Coba untuk melakukan pengambilan gambar dari sudut yang tidak biasa. Misalkan “capture” gambar dari arah bawah, dari arah atas, dari arah samping agar hasilnya lebih berbeda.

7. Perhatikan kejernihan lensa


Lensa handphone yang kotor sangat berpengaruh terhadap objek yang akan kita capture. Meskipun sebagus atau seindah apapun objek tersebut maka hasilnya akan tidak bagus. Gunakan kain lembut untuk membersihkan lensa camera handphone tak perlu menggunakan cairan apapun. Jika terkena sesutu yang berminyak kita juga bisa menggunakan pembersih kacamata / LCD.

8. Hindari edit dari handphone


Usahakan untuk tidak mengedit foto anda langsung dari handphone. Mengedit foto dari aplikasi handphone hasilnya akan lebih blur/resolusinya. Sedangkan, mengelola foto dikomputer hasilnya jelas lebih bagus daripada edit lewat handphone. Jadi pastikan anda tidak tergiur untuk menggunakan fitur edit gambar di handphone. Dengan itu kita juga bisa memiliki keleluasan kreatif yang lebih besar nantinya.

9. Beri jeda waktu


Kamera handphone memiliki apa yang disebut dengan shutter lag, yakni waktu jeda antara saat kita memencet dan juga saat kita mengambil foto. Pastikan kita kenali waktu jeda tersebut dengan baik supaya tangan kita tetap tenang sesaat setelah menekan shutter.

perhatikan baik-baik tutorialnya untuk menghasilkan foto yang bagus

2 comments:

Unknown said...

mantap..............

Anonymous said...

Mesti coba ne